Senin, 19 Juni 2017

PERJALANAN | Berburu Emas di Sovereign Hill


ASSALAMU'ALAIKUM!

Akhirnya hari yang kutunggu-tunggu tiba. Hari ini aku pergi ke Sovereign Hill bersama murid-murid kelas 5 di primary school tempatku bekerja. Setelah 1,5 jam perjalanan dari Geelong, kami pun tiba di Sovereign Hill, Ballarat, Victoria, Australia. Tempat wisata satu ini banyak diminati orang, terutama bagi yang ingin mengetahui sejarah mengenai tambang emas di Australia.

Alamat

Bradshaw Street, Ballarat, VIC 3350

Waktu Buka dan Harga Tiket

Sovereign Hill buka setiap hari dari pukul 10.00 - 17.30, kecuali hari Natal.

Harga tiket masuknya adalah $55.50 untuk dewasa. Untuk kategori umur lainnya silakan cek www.sovereignhill.com.au

Tapi kalau kamu ingin menonton 'Blood on The Southern Cross Sound and Light Show' yang sangat seru di sini, kamu harus membayar biaya tambahan atau bisa  membeli paket Sovereign Hill entry + Sound and Light Show, atau bahkan plus dinner. Nah, itulah paket yang kupilih dengan biaya $150. Mahal, ya?! But, worth it!

Aktivitas

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan di sini, dan aku akan ceritakan beberapa di antaranya.

Gold Panning 

Mendulang emas adalah hal yang paling diminati di sini karena kita akan mendapatkan emas asli dan bisa membawanya pulang. Tapi, kalau kamu gak mau buang waktu dan tenaga untuk mendulang emas, kamu bisa membeli produk olahan emas dengan harga mulai dari $10.







Musket Firing

Sudah pernah melihat tentara Inggris lengkap dengan seragam dan senjatanya? Kalau belum, inilah saatnya kamu menyaksikan bagaimana mereka menembakkan senapannya ke udara. Kamu akan merasa sedikit kaget saat mendengar tembakannya pertama kali. 


 

Bowling Saloon

Mungkin kamu pernah bermain bowling, tapi di sini kamu bisa bermain bowling tradisional dengan bola dan pin yang terbuat dari kayu.


Lolly Demonstration

Tahu kan enaknya rasa permen? Selain bisa mencicipi rasanya yang enak, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya dengan alat-alat tradisional. Kalau mau menjadikannya oleh-oleh, kamu juga bisa membeli pemen-pemen tersebut dalam kemasan jar.



Blacksmith Demonstration

Di sini kamu bisa melihat proses pengolahan emas, tapi tentu saja tidak secara lengkap karena keterbatasan waktu. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan memegang emas yang bernilai triliunan rupiah. Wow!




Horse Shoe Demonstration

Alat-alat, bahan-bahan, dan proses pembuatan sepatu kuda pada masa silam bisa kamu lihat di sini.


 

Red Hill Mine

Petualangan singkat di bawah tanah ini sangat seru karena kita akan berjalan di lorong sempit yang gelap tanpa pemandu, tapi tenang saja akan ada panduan suara yang akan menuntunmu sampai ke jalan keluar. Di dalam, kamu akan melihat gambaran kegiatan penambangan emas secara hologram. Keren pokoknya! Sayang, dilarang mengambil gambar atau foto di dalam sana.

Timber Demonstration

Bagaimana kayu diolah menjadi barang-barang seperti kursi dan furnitur lainnya? Kamu bisa melihat kerja sama antara manusia dan mesin dalam pengolahan kayu itu di sini.


Costume and Traditional Games



Blood on Southern Cross Sound and Light Show

Seperti yang sudah kubilang bahwa pertunjukan ini sangat keren, jangan sampai terlewatkan! Kamu akan menyaksikan bagaimana indah dan menakjubkannya efek audio dan visual yang terasa nyata. Kamu akan merasa berada di peradaban Australia pada masa silam di mana kehidupan para penambang begitu menyedihkan. Pertunjukan ini hanya dilakukan pada malam hari, tentu saja agar efek cahaya yang dihasilkan maksimal. Sayangnya dilarang mengambil foto apalagi video. Tapi intinya spektakuler dan akan tersimpan di memori otakmu!

Oh, ya, untuk mencapai tempat pertunjukan, kita akan menaiki kereta terbuka yang melintasi bangunan-bangunan masa silam sehingga kita pun bisa merasakan kelamnya kehidupan penambang emas Australia pada masa lampau.

source: grouponcdn.com

Foto-foto lainnya












Well, itulah perjalananku selama 10 jam di Sovereign Hill. Kalau suatu saat kamu berlibur ke negara bagian Victoria, Australia, kamu wajib mengunjungi tempat ini!

Jangan lupa follow instagramku: www.instagram.com/rikashears

See you on my next post!

 

WASSALAMU'ALAIKUM!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me @rikarl